Jumat, 07 September 2012

Today's Movie : Pride & Prejudice


Well, it''s been so long I haven't post about movie right?
Okay then, shall we start with Jane Austen's 1813 novel titled Pride & Prejudice?

kembali ke tahun 2005, salah satu 6 dari novel Jane Austen yang terkenal ini akhirnya difilmkan. Sebut saja judul terkenal itu berurutan adalah :
  1. Sense and Sensibility (1811)
  2. Pride and Prejudice (1813)
  3. Mansfield Park (1814)
  4. Emma (1815)
  5. Northanger Abbey (1818)
  6. Persuasion (1818)
Wuiih kok tiba-tiba pingin baca novelnya ya hehe. Sebenarnya ini kedua kalinya aku menonton Pride & prejudice, pertama kali saat itu masih awal kuliah dengan menyewa VCD di toko rental dan aku tak begitu mengerti alur ceritanya dan kurang suka film drama kala itu, kemampuan bahasa Inggris juga masih sangat minim jadi agak kebingungan antara mau konsentrasi nonton filmnya atau konsentrasi membaca subtitlenya hehe. Saat itu tertarik gara-gara dinominasikan dalam 4 kategori piala Oscar yaitu Best Actress, Best Original Score, Best Art Direction dan Best Costume Design (sayangnya gak ada yang menang) begitu pula di Golden Globe hanya masuk 2 nominasi yaitu Besat Actrees dan Best Film Musical Or Comedy. Dan kemarin baru saja menonton untuk kedua kalinya and I realize that this is such a romantic movie and I love it.

Diperankan secara apik oleh 2 tokoh utama yaitu Keira Knightley sebagai Elizabeth Bennet dan Matthew Macfadyen sebagai Fitzwilliam Darcy (Mr. Darcy). Diceritakan keluarga Bennet asal Inggris di sekitar Netherfield ini adalah keluarga sederhana di pedesaan yang memiliki 5 anak perempuan secara berututan yaitu Jane, Elizabeth, Mary, Kitty dan Lydia. Sang Ibu ini sedang bingung-bingungnya mencarikan jodoh untuk anak-anaknya yang beranjak dewasa semua. Lalu datanglah keluarga Charles Bingley yang kaya raya, Ibu Bennet pun berusaha menjodohkan dengan anak sulungnya yaitu Jane di pesta penyambutan, untunglah keduanya saling jatuh cinta. Nah di pesta ini bertemulah Elizabeth dengan Mr. Darcy yang datang merupakan teman dari Mr. Bingley. Yah keduanya masih gengsian gitulah, sok jual mahal apalagi Mr. Darcy orangnya kaku dan gak mudah bergaul jadi Elizabeth pun menganggapnya sebagai sosok lelaki yang sombong. 

Hari berikutnya Jane berkunjung ke rumah Mr. Bengley yang mewah namun sayang dia disana jatuh sakit sehingga harus menginap, Elizabeth pun menjenguk, nah disana ketemulah dengan Mr. Darcy, mereka terlibat cek-cok ringan sih, perdebatan begitulah. Terus diketahui juga bahwa keluarga Bengley ternyata tidak menyukai keluarga Bennet yang cenderung miskin. Nah chemistry pertama antara Elizabeth dan Mr. Darcy adalah saat mengantar pulang menaiki kereta kuda, Mr. Darcy memegang tangan Elizabeth untuk naik ke kereta wuiii romantis hehe padahal sebelumnya mereka sangat tidak cocok dalam berbagai hal.

Dari situlah Elizabeth merasakan benih-benih cinta dan rasa sayang begitu pula dengan Mr. Darcy namun karena saking sombong (Pride) dan gengsi diantara keduanya maka merekapun enggan mengungkapkan perasaan suka pada masing-masing, ah sungguh membikin gregetan hehe. Lalu munculah beberapa kejadian yang membuat Elizabeth salah paham dan salah dalam menilai Mr. Darcy, seperti  yang dia dengar tentang Mr. Darcy yang tidak suka dengan mendiang ayahnya atau Mr. darcy yang ternyata memisahkan Jane dengan Mr. Bengley, padahal semua itu tentu saja tidak demikian dan ada motif dibalik semuanya yang pada akhirnya membuat Elizabeth sangat membenci Mr. Darcy dan dibutakan oleh prasangkanya sendiri (Prejudice). Kejadian romantis adalah saat Mr. Darcy akhirnya mengungkapkan perasaan cinta matinya pada Elizabeth dibawah rintik hujan woooaaaa... so sweet lah haha, namun sayang saat itu Elizabeth kadung benci dan salah paham akhirnyapun cinta Mr. Darcy ditolak huhu padahal Mr. Darcy saat itu hampir saja mencium Elizabeth ah gak jadi deh.

Namun dasar kalau sudah cinta mati, Mr. Darcy meski ditolak pun dia masih setia memendam rasa cintanya pada ELizabeth dan pergi meninggalkan kekasih impiannya itu. Lambat laun misteri pun terkuak, Elizabeth tahu ternyata dibalik perilaku yang telah dilakukan Mr. Darcy yang membuatnya benci itu adalah demi kebaikan keluarga Bennet dan khususnya ditujukan untuk Elizabeth sendiri. Lalu Elizabeth mengunjungi rumah Mr Darcy nun jauh disana, gak nyangka ternyata Mr. Darcy ini mewarisi harta yang berlimpah ruah, rumahnya bak kastil/istana yang megah, keren banget pokoknya. Dan akhirnya pun keduanya bertemu disana setelah sekian lama terpisah, hati Elizabeth pun kini sudah terbuka pada Mr. Darcy namun Mr. Darcy belum menyadarinya, dia mengira Elizabeth masih membencinya..aarrghh gregetan, ngomong dong ngomooooong, ceritaaaa!!! haha.

Sempat juga salah paham saat Mr. Darcy bersama seorang perempuan, Elizabeth mengira Mr. Darcy sudah punya kekasih, begitu juga aku mengira demikian hiks sedihnya... eh ternyata bukan, perempuan itu adalah adik Mr Darcy... yayyy!!! *apasih. Singkat cerita, kini hati mereka sudah saling terbuka satu sama lain, selama ini cinta keduanya telah dibutakan oleh kesombongan dan prasangka dan akhirnya Mr. Darcy pun memberanikan melamar Elizabeth dengan restu kedua orang tuanya...wuiiiii kenapa gak dari dulu saja coba huhu...

Well, ceritanya sebetulnya kompleks sekali, apalagi silsilah keluarganya juga ruwet hehe...aku tadi juga hanya memfokuskan pada kisah Mr. Darcy dan Elizabeth saja, selanjutnya untuk sinopsis lengkap bisa dibaca disini dan berikut gambaran silsilah keluarga Bennet dan hubungannya dengan berbagai karakter di film..
  

Overall film Pride & Prejudice ini bagus, aku suka pembawaan Mr. Darcy yang kaku dan charming, sayang chemistry yang dihadirkan oleh Keira Knightley kurang dapat feelnya tapi untuk kisahnya recommended lah untuk ditonton dan dikoleksi. Jadi pesan disini : janganlah kesombongan/gengsi dan prasangka buruk yang belum tentu benar membuatmu salah menilai orang, bisa saja orang itu adalah jodoh terbaikmu dan semoga pride & prejudice tidak membutakan cinta dan kasih sayangmu cieeee... semangat para pejuang cinta (^_^)

0 Komentar:

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources